Cara Memperbaiki Masalah Hardware Tanpa Membongkar Laptop


Berikut adalah bagaimana anda bisa memperbaiki, atau tepatnya, bekerja di sekitar beberapa masalah hardware tanpa membongkar laptop.

1. Port Jaringan

Pada kebanyakan laptop port jaringan (alias port RJ-45) adalah disolder langsung ke motherboard. Jika untuk beberapa alasan port jaringan gagal (Saya sedang berbicara tentang hardware, bukan kegagalan perangkat lunak), motherboard secara keseluruhan harus diganti.
Daripada mengganti motherboard, Anda dapat menggunakan PCMCIA kartu jaringan (LAN alias kartu PC). Anda pasang kartu ini ke slot PC yang tersedia di laptop anda dan mendapatkan port jaringan sebagai gantinya.

2. USB Port.

Kebanyakan laptop memiliki beberapa port USB yang tersedia dan jika salah satu dari mereka berhenti bekerja, biasanya itu bukan masalah besar karena anda masih memiliki dua atau tiga bekerja port USB kiri. Tapi bagaimana kalau mereka semua berhenti bekerja sekaligus. Katakanlah kontroler USB pada motherboard buruk dan laptop berhenti mengenali perangkat USB terpasang di port USB. Sekali lagi, saya sedang berbicara tentang hardware, bukan kegagalan perangkat lunak. Dalam rangka untuk memperbaiki masalah ini anda harus mengganti motherboard.
Atau, anda dapat menggunakan kartu PCMCIA USB. Anda pasang kartu ini ke slot PC dan mendapatkan dua atau empat port USB. Hal ini tergantung pada jenis kartu PCMCIA anda.

3. Nirkabel Internal (Wi-Fi).

Laptop yang paling baru datang dengan kartu nirkabel internal yang sudah terpasang. Dalam beberapa model kartu nirkabel dapat dengan mudah mengakses melalui pintu di bagian bawah laptop. Dalam model lainnya, kartu nirkabel terkubur jauh di dalam laptop. Apa yang dapat anda lakukan jika kartu nirkabel internal gagal? anda dapat mengganti kartu nirkabel internal dengan satu sama lain atau menggunakan kartu nirkabel PCMCIA sebagai gantinya.

4. Internal Flash Pembaca Kartu Memori.

Laptop yang paling baru datang dengan pembaca kartu memori internal terpasang. Anda bisa pasang kartu memori flash yang paling dikenal dalam slot dan akses konten secara cepat. Biasanya card reader adalah disolder langsung ke motherboard dan jika gagal, anda harus mengganti motherboard secara keseluruhan.
Jika Anda tidak ingin mengganti motherboard anda dapat menggunakan USB Flash eksternal pembaca kartu memori. Yang harus anda lakukan adalah plug pembaca kartu ke port USB yang tersedia di laptop anda dan siap untuk di gunakan.

5. Internal CD/ DVD Drive.

Anda akan menemukan CD/ DVD drive internal yang optik di kebanyakan laptop. Jika optical drive gagal dan berhenti membaca CD dan DVD, itu harus diganti dengan yang baru. Drive optik internal laptop tidak murah.
Daripada mengganti drive internal, anda dapat menggunakan USB drive optik eksternal. Cukup plug drive ke port USB, biarkan laptop anda mendeteksi dan menginstal drive sendiri. Juga, anda dapat menggunakan optical drive dengan komputer lain yang sangat nyaman.


============================================================================================================================